fbpx
Downtime Website Mempengaruhi Bisnis Online

Bagaimana Downtime Website Mempengaruhi Bisnis Online ?

Domainweb.id – Salah satu rasa malu terbesar yang bisa Anda hadapi dengan bisnis online adalah ketika situs web Anda turun dan Anda mendengarnya dari orang lain. Konsumen berharap semua yang ada di sekitar mereka akan terhubung secara online dan terus tersedia. 

Untuk berhasil di usia ini, Anda harus mempertahankan keberadaan online yang kuat. Sekarang, website adalah tempat di mana Anda dapat berharap untuk terlibat dengan mayoritas pelanggan Anda dan menghasilkan sebagian besar pendapatan. 

Namun, jika situs web kamu gagal berjalan dengan lancar, bisnis online Anda dapat terpengaruh dalam berbagai hal. 

Mari kita lihat beberapa hal bagaimana Downtime situs web dapat mempengaruhi website bisnis Anda:

Downtime Situs Web Menyebabkan Hilangnya Laba Setiap detik

Downtime situs web dapat berdampak negatif bagi situs web yamg sibuk. Bahkan bisnis online terbesar pun tidak kebal terhadap downtime. Baru-baru ini, Amazon.com turun selama 20 menit dan diperkirakan biayanya sekitar $3,75 juta laba. Meskipun kerusakannya mungkin tidak sama dengan nilai dolar untuk bisnis Anda, laba yang hilang ini dapat memengaruhi bisnis online Anda secara negatif.

Pelanggan yang Tidak Puas Sebagai pemilik bisnis, Anda tidak akan ingin kehilangan satu pelanggan pun. Namun, jika situs web Anda turun, ini dapat berdampak negatif terhadap retensi pelanggan Anda yang ada yang mungkin berinteraksi dengan situs web Anda selama waktu henti. 

Kesan pertama yang tidak menyenangkan yang disebabkan oleh downtime situs web Anda tidak membantu mendapatkan pelanggan baru. Pelanggan tidak punya banyak kesabaran dengan situs yang mengalami downtime. Mungkin ada beberapa alternatif yang tersedia online, yang mudah ditemukan menggunakan mesin pencari hanya dengan memasukkan kata kunci yang relevan. Pelanggan yang tidak sabar tidak akan berpikir dua kali sebelum beralih ke layanan lain.

Reputasi Merek Rusak & Reputasi merek yang baik menawarkan manfaat luar biasa bagi bisnis Anda. 

Butuh bertahun-tahun bagi sebuah organisasi untuk membangun reputasi merek yang kuat. Tapi, ketika situs Anda turun tahun investasi dalam membangun reputasi yang baik mulai terurai. Jika downtime situs web diperpanjang, pelanggan saat ini dan potensial bahkan mungkin menyuarakan frustrasi mereka di berbagai platform media sosial. Dalam lingkungan saat ini, agar situs web Anda dapat mengembangkan reputasi merek yang baik, situs web tersebut harus memiliki rekam jejak uptime yang sangat baik dan juga memberikan kinerja situs yang cepat.

Kesan Pertama yang Negatif Hampir dapat dipastikan bahwa pelanggan baru mengunjungi situs Anda dan mengetahui bahwa situsnya down, mereka mungkin tidak akan pernah mengunjungi situs Anda lagi. Anda mungkin tidak hanya kehilangan penjualan langsung, ada juga penjualan berulang yang hilang ketika pelanggan kembali ke situs Anda. Untuk membuat kesan pertama yang baik, pastikan situs web Anda tersedia dan juga pastikan memuat dengan cepat.

Kehilangan Volume Penjualan Menurut penelitian oleh App Dynamics yang dilakukan di antara perusahaan-perusahaan Fortune 1000, total biaya downtime aplikasi yang tidak direncanakan adalah antara $ 1,25 miliar hingga $ 2,5 miliar. Sayangnya, banyak organisasi bahkan tidak tahu dampak dari satu hari downtime situs web pada bisnis mereka.

Berikut ini adalah rumus sederhana yang akan membantu Anda mengetahui kehilangan volume penjualan jika situs web Anda turun selama sehari: (pendapatan tahunan / 365) x penjualan online sebagai persentase dari keseluruhan penjualan.

Dan jika Anda menjalankan situs e-commerce, dampak downtime situs web terhadap penjualan Anda akan mendekati 100%. Jelas, downtime situs web bukanlah sesuatu yang Anda harus santai.

Layanan Pemantauan Situs Web – Alat Kunci untuk Mengontrol Waktu Henti Untuk semua alasan di atas, penting untuk menjaga catatan waktu aktif situs web bintang untuk situs Anda. Waktu henti situs dapat memengaruhi perusahaan atau merek Anda dalam banyak cara berbeda. Kehilangan pendapatan adalah yang paling jelas. Kesan pertama pelanggan tentang perusahaan Anda juga akan buruk. Upaya Anda untuk membangun loyalitas pelanggan juga akan menghadapi kemunduran. Dan reputasi merek Anda akan mengalami kerusakan.

Menghindari waktu henti situs web akan membuat pelanggan Anda senang. Tetapi tanpa mekanisme pemantauan web yang tepat akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan manfaat dari situs web yang memiliki waktu aktif yang baik. Pemilik bisnis, besar atau kecil, harus mempertimbangkan untuk membeli layanan pemantauan situs web. Layanan pemantauan web akan membantu Anda tetap di atas uptime situs web Anda. Ini akan memastikan bahwa situs web Anda aktif dan beroperasi sepanjang waktu.

READ MORE
Need Help? Chat with us